Jelaskan Tipe-tipe Berkas Pengangkut Berdasarkan Posisi Xilem dan Floem

Posted by Admin on Saturday, October 15, 2016 - 4:42 PM

Biologi Junior - Tipe Berkas Pengangkutan Pada Tumbuhan. Sebutkan dan jelaskan Tipe-tipe berkas pengangkut pada tumbuhan berdasarkan letak atau posisi xilem dan floem! Berikan gambar iluastrasi untuk masing-masing tipe. Berdasarkan posisi xilem dan floemnya, tipe-tipe berkas pengangkut dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu tipe kolateral, tipe bikolateral, tipe kosentris, dan tipe radial.

#1 Tipe Kolateral

tipe-tipe berkas pengangkut

Tipe kolateral adalah tipe berkas pengangkut yang posisi xilem dan floemnya saling berdampingan. Pada tipe ini, biasanya floem berada di bagian luar sedangan xilem berada di bagian dalam. Tipe kolateral dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
1. Kolateral terbuka
2. Kolateral tertutup

Kolateral terbuka adalah tipe kolateral yang ditandai dengan keberadaan kambium di antara xilem dan floem dengan susunan dari luar ke dalam : floem - kambium - xilem. Tipe olateral terbuka dapat dijumpai pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae.

Jika di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium, maka tipe kolateral tersebut disebut kolateral tertutup. Tipe kolateral tertutup dapat ditemukan pada tumbuhan monokotil.

#2 Tipe Bikolateral

tipe-tipe berkas pengangkut

Pada tipe bilakoteral, berkas pengangkut memiliki dua floem satu xilem. Posisi xilem dan floem pada tipe pengangkut bilakoteral adalah xilem berada di antara dua floem atau susunannya adalah : floem luar - xilem - floem dalam.

#3 Tipe Kosentris

tipe-tipe berkas pengangkut

Tipe kosentris adalah tipe berkas pengangkut yang terbentuk jika posisi xilem dan floem melingkar. Pada tipe berkas pengangkut ini, xilem dikelilingi oleh floem atau sebaliknya. Tipe kosentri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
1. Kosentris amfikibral
2. Kosentris amfivasal

Tipe kosentris amfikibral biasanya dijumpai pada tumbuhan paku. Pada tipe kosentris amfikibral, xilem berada di bagian tengah dan dikelilingi oleh floem. Dengan kata lain, pada tipe ini floem mengelilingi xilem.

Tipe kosentris amfivasal dapat dijumpai pada rizoma Acorus calamusndan Cirdyline sp. Pada tipe kosentris amfivasal, floem berada di tengah dan dikelilingi oleh xilem. Dengan kata lain, jika posisi xilem mengelilingi floem, maka berkas pengangkut disebut bertipe kosentris amfivasal.

#4 Tipe Radial

tipe-tipe berkas pengangkut

Tipe radial adalah tipe berkas pengangkut yang terbentuk jika posisi floem dan xilem tersusun berselang-seling dan biasanya dijumpai pada bagian akar tumbuhan. Letak xilem dan floem bergantian menurut jari-jari lingkaran.

Pilih Pembahasan

0 comments :

Post a Comment